Cara Mengetahui Keputihan Sehat dan Keputihan Tidak Normal

Cara Mengetahui Keputihan Sehat dan Keputihan Tidak Normal

Ladies, Anda perlu tau Cara Mengetahui Keputihan Sehat dan Keputihan Tidak Normal, agar Anda bisa menyadari jika mengalami keputihan yang tidak normal dan bisa segera melakukan tindakan penanganan, karena penanganan yang tepat dengan segera sangat diperlukan dalam mengatasi masalah keputihan yang tidak normal. Pasalnya, jika Anda mengalami keputihan yang tidak normal dan tidak segera ditangani dengan baik, maka risikonya bisa menyebabkan kemandulan dan bahkan sampai mengalami kanker. Tentu Anda tidak mengharapkan hal itu terjadi bukan? Untuk itu, mari simak seperti apa perbedaan keputihan sehat dan keputihan yang tidak normal! Setelah itu Anda bisa mencari Cara Ampuh Mengatasi Keputihan Yang Tidak Normal, sebelum keputihan tersebut menimbulkan masalah baru yang lebih serius.


Keputihan pada dasarnya memang normal dialami oleh wanita, karena keputihan merupakan proses alami tubuh yang terjadi pada wanita. Akan tetapi, keputihan bisa dikatakan sehat atau normal jika memenuhi kriterianya. Jadi, keputihan yang sehat itu ada kriterianya, dan di luar kriteria tersebut maka bisa dikatakan keputihan tersebut tidak normal. Sebab, memang keputihan juga bisa jadi merupakan tanda adanya masalah kesehatan lainnya atau penyakit yang tengah terjadi.

Vagina membutuhkan keseimbangan pH yang asam untuk menghambat semua jenis infeksi penyebab keputihan. Ketika vagina mendapatkan reaksi yang tidak seimbang dan pengaruh dari bakteri, jamur atau virus maka bisa menyebabkan keputihan. Berikut ini penjelasan mengenai keputihan yang sehat dan tidak normal.
  • Keputihan yang normal memiliki beberapa ciri yaitu sangat jelas, berbentuk gumpalan yang sehat seperti awan, dan jika tertinggal dalam pakaian maka akan berubah menjadi kekuningan.
  • Keputihan yang normal juga bisa berbentuk sangat tipis seperti lendir dan serabut putih di dalamnya. Keputihan seperti ini biasanya disebabkan karena penggunaan kontrasepsi, stress, obat, keinginan seksual dan pertanda kehamilan.
  • Keputihan yang disebabkan karena menstruasi memiliki karakter tipis, berlendir dan sangat basah. Kondisi ini terjadi karena keseimbangan pH dalam rongga vagina mengalami perubahan yang sangat cepat sehingga menyebabkan infeksi. Keputihan akibat efek ini biasanya akan sembuh sendiri setelah masa menstruasi selesai.
  • Keputihan yang tidak normal atau tidak sehat memiliki tanda seperti rasa nyeri pada bagian bawah perut, disertai gatal pada bagian sekitar vagina, rasa panas saat buang air kecil, lendir berwarna kuning kecoklatan dan bau yang tidak sedap.

Bagaimana Cara Mencegah Keputihan?

  • Jangan melakukan hubungan seksual secara bebas karena banyak virus, bakteri dan jamur penyebab keputihan yang didapatkan dari hubungan seksual secara bebas.
  • Selalu mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran hijau, buah-buahan dan biji-bijian. Makanan ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi akibat bakteri maupun jamur.
  • Selalu berusaha untuk menjaga agar daerah di sekitar vagina bersih, kering dan tidak terlalu lembab.
  • Selalu menggunakan jenis pakaian dalam yang mudah menyerap keringat dan tidak panas seperti bahan katun. Bahan katun akan membantu agar vagina menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena infeksi bakteri maupun jamur.
  • Selalu membersihkan vagina baik setelah buang air kecil maupun air besar. Cara membersihkan yang baik adalah dengan gerakan dari depan ke belakang. Jangan salah membersihkan karena jika gerakan salah justru bakteri yang akan masuk ke rongga vagina dan menyebabkan keputihan.
  • Hindari menggunakan pembalut terlalu lama ketika sedang menstruasi. Paling tidak Anda harus segera mengganti pembalut maksimal selama empat jam. Lebih dari itu bisa mengembangkan bakteri pada vagina dan menyebabkan keputihan.
  • Selalu gunakan pembalut yang terbuat dari kapas dan tanpa pewangi ketika sedang menstruasi. Pembalut yang terbuat dari bahan kapas murni akan membantu meminimalisir bakteri dan jamur atau virus penyebab keputihan.
  • Jangan menggunakan bahan cairan kimia untuk berhubunngan seksual seperti pelumas atau cairan vagina.
  • Jangan menggunakan bahan cairan kimia untuk mencuci atau membersihkan vagina.

Cara Mengetahui Keputihan Sehat dan Keputihan Tidak Normal, - Keputihan memang akan membuat kondisi yang tidak nyaman dan selalu was-was. Cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengobati keputihan memang sangat banyak. Untuk mendapatkan hasil terbaik memang tidak akan terjadi secara langsung. Namun jika keputihan terjadi dalam waktu yang lama maka harus segera menemui ahli medis untuk mendapatkan pemeriksaan yang menyeluruh. Pemeriksaan akan membantu mengetahui penyebab dan pengobatan sesuai dengan penyebabnya. Cara Ampuh Mengatasi Keputihan Yang Tidak Normal perlu segera Anda jalani sebelum keputihan tersebut menimbulkan permasalah baru yang lebih serius.

Komentar